Putusan Pengadilan Agama terhadap Isteri Atas Masalah Harta yang Dipersengketakan dalam Gugatan Harta Bersama dalam Perkara Perceraian (Studi di Pengadilan Agama Mataram)

Authors

  • Musakir Salat
  • Sri Hariati
  • Ita Surayya
  • Fatahullah

Keywords:

Putusan pengadilan agama, Isteri, Harta, Perceraian.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui putusan pengadilan agama terhadap isteri atas masalah harta yang dipersengketakan dalam gugatan harta bersama dalam perkara perceraian di Pengadilan Agama. Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis empiris. Populasi penelitian ini adalah berkas-berkas perkara dan putusan yang telah berkekuatan hukum tetap yang terdapat pada Pengadilan Agama Mataram. Penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling, yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Hal tersebut dimaksudkan agar sesuai dan mempermudah tujuan penelitian yang telah ditetapkan yaitu berkas perkara mengenai gugatan harta bersama dalam perkara perceraian. Teknik yang dipergunakan untuk pengumpulan data adalah wawancara dan studi dokumentasi. Analisis kulitatif dilakukan dengan cara deduktif induktif, yaitu menarik suatu kesimpulan dari data yang sifatnya umum ke khusus untuk memperoleh kejelasan terhadap suatu kebenaran, sehingga memperoleh gambaran yang jelas terkait masalah yang diteliti. Hasil penelitian Penyelesaian sengketa pembagian harta bersama bagi orang Islam merupakan kewenangan dari Pengadilan Agama. Upaya perlindungan hukum atas masalah harta bersama dapat ditempuh dengan cara meletakkan sita marital dan gugatan harta bersama. Tujuannya adalah agar mencegah terjadinya penyalahgunaan harta bersama oleh pihak suami, sehingga tidak merugikan keluarga. Kendala yang kerap timbul dalam upaya perlindungan hukum yang ditempuh melalui gugatan harta bersama dalam perkara perceraian adalah keterbatasan pengetahuan hukum isteri, sehingga dalam berperkara dapat mempengaruhi putusan yang tidak sesuai harapan.

References

Annas, S. (2017). Masa pembayaran beban nafkah iddah dan mut’ah dalam perkara cerai talak (sebuah implementasi hukum acara di pengadilan agama). Al-Ahwal: Jurnal Hukum Keluarga Islam, 10(1), 1-12.

Aswat, H., & Rahman, A. (2021). Kewajiban Suami Memberi Nafkah Dalam Kompilasi Hukum Islam. Jurnal al-iqtishod, 5(1), 16-27.

Barahamin, L. E. (2017). Pelaksanaan Sita Marital dalam Perkara Perceraian. Lex et Societatis, 5(4).

Dewi, A. P., & Setiawan, B. (2019). Pengaruh ketimpangan pendapatan suami istri terhadap tingginya kasus cerai gugat di pengadilan agama kelas 1b kabupaten Ponorogo. Mahakim: Journal of Islamic Family Law, 3(2), 119-131.

Hanum, S. L. (2017). Peran ibu rumah tangga dalam membangun kesejahteraan keluarga. Academica: Journal of Multidisciplinary Studies, 1(2), 257-272.

Hariati, S., & Salat, M. (2022). PUTUSAN PENGADILAN AGAMA TERHADAP ISTERI ATAS MASALAH HARTA YANG DIPERSENGKETAKAN DALAM GUGATAN HARTA BERSAMA DALAM PERKARA PERCERAIAN. The Juris, 6(2), 306-313.

Hidayatulloh, H. (2019). hak dan kewajiban suami istri dalam al-Qur’an. Jurnal Hukum Keluarga Islam, 4(2), 143-165.

Munawar, A. (2015). Sahnya Perkawinan Menurut Hukum Positif Yang Berlaku Di Indonesia. Al-Adl: Jurnal Hukum, 7(13).

Nurani, S. M. (2021). Relasi Hak Dan Kewajiban Suami Istri Dalam Perspektif Hukum Islam (Studi Analitis Relevansi Hak Dan Kewajiban Suami Istri Berdasarkan Tafsir Ahkam Dan Hadits Ahkam). Al-Syakhsiyyah: Journal of Law & Family Studies, 3(1), 98-116.

Qomaro, G. W. (2021). AGENSI HAKIM PENGADILAN AGAMA BANGKALAN DALAM PEMENUHAN HAK ISTRI PASCA CERAI. Mahkamah: Jurnal Kajian Hukum Islam, 6(1), 63-78.

Rochaeti, E. (2015). Analisis Yuridis tentang Harta Bersama (gono gini) dalam perkawinan menurut Pandangan Hukum islam dan Hukum Positif. Jurnal Wawasan Yuridika, 28(1), 650-661.

Sebayang, A. J. (2018). Perbuatan Melawan Hukum Dalam Pengalihan Harta Bersama Dalam Perkawinan. Jurnal Hukum Kaidah: Media Komunikasi dan Informasi Hukum dan Masyarakat, 17(3), 129-141.

Suadi, A. (2015). Perkembangan Hukum Perdata Islam di Indonesia (Aspek Perkawinan dan Kewarisan). Jurnal Yuridis, 2(1), 1-27.

Downloads

Published

2023-05-28

How to Cite

Salat, M. ., Hariati, S. ., Surayya, I. ., & Fatahullah. (2023). Putusan Pengadilan Agama terhadap Isteri Atas Masalah Harta yang Dipersengketakan dalam Gugatan Harta Bersama dalam Perkara Perceraian (Studi di Pengadilan Agama Mataram). Indonesian Journal of Social Sciences and Humanities, 3(1), 1–9. Retrieved from https://journal.publication-center.com/index.php/ijssh/article/view/1506